Buku Adalah Media Ibu Untuk Menjadi Madrasah Utama Anakku

Di hari kartini ini saya ingin mengucapkan selamat menikmati indahnya menjadi seorang perempuan di Indonesia, sebagai anak perempuan, sebagai seorang istri bahkan seorang ibu. Dalam 27 tahun kehidupan yang aku alami tidak ada penyesalan barang satu haripun  terlahir menjadi berjiwa perempuan. 

Di setiap waktu aku selalu belajar untuk memperbaiki diri untuk menjadi peran perempuan yang bermanfaat bagi sekitarku. 

Apalagi sekarang sudah menyandang status istri dan ibu dari seorang anak batita. masih terseok-seok deh untuk belajar gimana caranya mendidik anak yang baik, karena jaman dulu sekolah adanya pengajaran tugas anak berbakti pada orang tua. belum ada materi tentang persiapan menjadi orang tua. 

Mau gak mau suami istri harus kompak dong membina rumah tangga yang baik. setelah 15 bulan sebagai ibu rumah tangga dirumah, aku lebih serius dalam menimba ilmu, gimana caranya? ya dari perkembangan anak, dari orang tua, dari berbagai media bahkan dari celotehan emak-emak di sekitar kita. a.k.a komunitas :))

Nah, bagi saya yang bookworm, tidak menjadi hal yang berat untuk beradaptasi dengan peran baru karena dengan mudahnya aku bisa membaca artikel-artikel untuk parenting.  Aku lebih suka membaca sebuah buku ketimbang baca browsing di internet. kenapa? karena dengan buku apa yang dituliskan lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Walaupun kata suami buku itu gak update ilmunya. Tapi dengan kita terbiasa membaca buku akan menjadikan kebiasaan baik bagi anak untuk mengetahui sesuatu dengan membaca bukan dengan googling. Jujur aku gak mau mencetak generasi anak internet. gak salah sih, tapi aku percaya dengan membaca buku kita dapat memilah tulisan yang akurat ketimbang terprovokasi dari tulisan-tulisan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

Untuk berita update akupun sejujurnya lebih senang berlangganan harian cetak. tapi karena budget tidak mungkin untuk berlangganan jadi aku alokasikan menjadi buku ilmu yang ingin kupelajari. per bulan 2 buku (1 buku untukku dan 1 untuk Miyo) 

Nah kenapa Miyo sudah banyak bukunya? jadi begini, jaman dulu saya pernah dibelikan buku tentang Tini, tentang dongeng sedunia, tentang cerita rakyat dan buku costume yang bisa mengganti nama perannya menjadi nama kita. lucu ya. Aku masih ingat buku-buku tersebut dan beberapa masih ingat ceritanya karena memang setiap sebelum tidur kubaca berulang kali tanpa bosan. 
Aku ingin Miyo berdaya imajinatif tinggi dan dapat belajar lebih banyak serta menyerap hikmah dari setiap buku yang aku ceritakan atau ketika ia bisa membaca sendiri. 
Visioner adalah cara pandangku yang terlalu jauuuh ke depan. hahaha, sebenernya malu untuk mengakui ini tapi memang aku adalah tipe orang yang khawatiran. contohnya ketika aku akan resign, pasti terbayang dong kehidupan selanjutnya tidak semampu saat aku juga bekerja maka aku membeli baju untuk Miyo sampai usia 5 tahun, beberapa baju pesta dan baju harian. lebay? iya. tapi memang akhirnya terasa sampai eekarang Miyo sudab tidak perlu beli baju lagi karena aku tinggal ngambil stok yang sudah kubeli dulu jaman belum melahirkan atau pas Miyo newborn. 

Jangankan hanya baju, sekarangpun aku membeli buku sampai persiapan dia nanti preschool. bukan, bukan buku tentang calistung, tapi tentang pendidikan kemandirian, cerita sejarah agamanya dan tentang apa yang ada di bumi ini. tau kan buku-buku yang harganya jutjutan itu? 

Ngapain sih beli yang macem gitu? kan banyak buku lain yang lebih murah tapi isinya sama? 

iya memang banyak banget dan kalau dilihat (kata suami) memaksakan banget membeli diluar kemampuan. tapi tunggu dulu apa alasannya aku membeli semua buku ini untuk Miyo? 

1. Karena ketika mencontohkan hal baim miyo tipe yang harus ada contohnya saat dilihat misal : “Miyo ayo menabung” (sambil menunjukan uang dan celengan) nah malamnya kita review dibuku tentang menabung dan diceritakan kenapa anak harus menabung. Jadi anak lebih mudah mengingat hal baik yang diajarkan untuk masa depannya. Beda cerita kalau nak ayo nabung, (kemudian ibunya bukain yutub ttg upin ipin nabung) nanti malah anak jadi nonton tv/hp bukan bermain roleplay.


2. Dalam memilih Buku balita aku harus memilihkan yang board book atau tidak kertas tipis. makanya aku belikan buku sekaligus yang bagus karena kan akan dapat bermanfaat untuk adiknya Miyo atau dibaca kemudian hari. 


Jadi segitu pentingnya buku untuk aku dan Miyo loh. 

Dengan anggaran rumah tangga yang dapat dibiling cukup sekarang, Aku membuat wishlist untuk buku yang aku dan Miyo harus beli, nah dari wishlist tersebut aku cari yang judul diinginkan tapi nunggu moment diskon atau mencari buku serupa tapi harganya agak miring. 

Kebetulan banget akhir-akhir ini sering ada pameran buku murah ya dan malah yang berkualitas, contohnya Gramedia Sale, Bukabuku.com dan Big Bad Wolf (ini yang ditunggu-tunggu). 

Untuk pameran yang pernah dikunjungi sih Gramedia Sale di Mega Bekasi. lumayan sih kudu bawa kardus soalnya untuk packing. hehehe… yang jelas kudu bawa budget yang tepat untuk berbelanja, karena kalau tidak ya kalap deh. 

lain lagi dengan Big Bad Wolf, waktu tahun 2016 aku mengandalkan jastipers karena Miyo blm 1 tahun dan blm paham kalau buku-buku disana harganya betul-betul murah dan bagus-bagus. Tahun kemarin dapat 7 buku sih kalau dengan jastip dan ongkir ya lumayan juga harganya,  😭 tapi demi deh demi…. oiya, beberapa buku belum dibuka bahkan sampai sekarang karena memang dikhususkan dibaca saat Miyo akan masuk sekolah. hahahhaa mamak niat betul. 

Tahun ini Big Bad Wolf sudah resmi dibuka dari tanggal 21 April 2017- 2 Mei 2017 24 jam lagi. woooow. rasanya pengen ngacir subuh-subuh kesana. hehehe.. semoga bisa deh ya. karena wishlist buku adalah buku-buku yang ada musik-musiknya sama buku mizan. Ya Allah semoga di ultah Miyo kedua tanggal 8 besok dapet buku yang diinginkan. Amin. 
Salam Ibu Cerdas. 

Ibu Miyo. 

2 thoughts on “Buku Adalah Media Ibu Untuk Menjadi Madrasah Utama Anakku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s